Agus adalah hamba Allah ingin berbagi untuk kehidupan bersama yang benar di jalan Allah SWT, semua kehidupan ini hanyalah fana, selalu belajar dan terus perbaiki sampai sempurna...aamiin

DaftarPayTren

Breaking

1 / 3
2 / 3
3 / 3

Saturday 27 February 2016

BDM YONG MOODO


Assalamu'alaikum. Wr. Wb...
Selamat Siang para saudaraku...
Ya hari ini aku menulis artikel tentang Beladiri " Yong Moodo " meskipun saya belum terlalu ahli di dalamnya setidaknya saya bisa berbagi dan semoga bermanfaat. Mari mulai menulis;

PENGENALAN

SEJARAH SINGKAT SENI BELADIRI YONG MOODO ASAL KOREA


Menurut nara sumber maupun di website dan Buku Pedoman. Sejarah " Yong Moodo" dimulai pada tanggal 15 Oktober 1995 dimana The Martial Reearch Institut dari Yong In University Korea membentuk seni beladiri Yong Moodo yang merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Ssirum dan Hon Sin Sul. Akar dari Yong moodo adalah beladiri Hon Sin Sul yang berarti Beladiri.

Istilah "Yong Moodo" berasal dari kata " Hankido " yang dikembangkan di Korea pada tahun 1976. Kemudian namanya diganti menjadi Kukmodo dan selanjutnya berubah menjadi Yong Moodo. Yong Moodo berasal dari 3 suku kata yaitu:
  1. Yong berarti "Naga". Naga diagungkan oleh banyak orang yang dipercaya memiliki kemampuan mistik. Naga juga diyakini mampu terbang mengeluarkan apai dari mulutnya, hidup dibawah air atau dibawah tanah, menguasai alam yang dapat menyebabkan terjadinya " Tsunami" bukan "Tsunade", gempa bumi dan membawa kemakmuran serta keberuntungan bagi yang mempercayainya.
  2. Mu atau Moo berarti beladiri yang merujuk pada pertempuran yang mengacu pada pertempuran dan perkelahian, pertahan dan strategis, fisi, mental, serta fisikologi.
  3. Do berarti cara berlatih dan cara hidup, pandangan hidup yang kosong dan berisi Philosopi serta kemampuan belajar dari alam, hidup dan perkelahian, melawan alam.
Yongmodo telah dipromosikan oleh ribuan alumni dari Yong In University dan para Master maupun Grand Master, bukan Grand Pix ya. Yang diresmikan pada tanggal 25 April 2002 sehingga terbentuklah Orgaisasi Federasi Beladiri Yong Moodo dan memperoleh ketenaran tidak hanya di negara Korea tetapi di seluruh penjuru Dunia dan sudah tersebar di Negara- Negara antara lain sebagai berikut:
  1. Amerika Utara terutama di Amerika Serikat, Kanada dan Wilayah yang lain di Benua Amerika;
  2. Eropa terutama di Negara Prancis;
  3. Di Asia terutapa di Negara Asia Timur seperti Hongkong, Taiwan, Makao dan sebagian Asia Tenggara.
Penggagasan atau Pendiri Beladiri " Yong Moodo " antara lain:
  • Kim Byung Chun yang merupakan Presiden Asosiasi Yong Moodo Internasional di Korea.
  • Prof. Lee Byeong lk, Prof Kim Eui Yong dan Prof Kim Chang Woo yang menjabat di Departemen Oriental Martial Art di Yong In University.
  • Prof Kang Min Chu yang menjabat sebagai sekretaris Jendral Asosiasi Yong Moodo Internasional.
Rangking dan Warna sabuk yang ada dalam Beladiri " Yong Moodo" adalah sebagai berikut:


1. Ranking 10 : Sabuk Putih

2. Ranking 9 : Sabuk Kuning

3. Ranking 8 : Sabuk Kuning
4. Ranking 7 : Sabuk Hijau
5. Ranking 6 : Sabuk Hijau
6. Ranking 5 : Sabuk Biru
7. Ranking 4 : Sabuk Biru
8. Ranking 3 : Sabuk Cokelat
9. Ranking 2 : Sabuk Cokelat
10. Ranking 1 : Sabuk Merah

Setelah Sabuk Merah maka para peserta Beladiri Yong Moodo dapat Dan I atau Sabuk Hitam dengan kemampuan meliputi Teknik Skill Dasar, Menengah , Tingkat Mahir serta penggunaan alat.

RESIKO DAN KESELAMATAN DALAM LATIHAN

Seni beladiri Yong Moodo memerlukan latihan yang kekal, harus di latihkan sedemikian untuk memperkecil resiko latihan yang bersifat fatal. Pelatihan seni Beladiri Yong MOodo memerlukan persiapan yang cukup lama dan pengenalan tentang tehnik - teknik dasar. Untuk mengefisienkan kemungkinan - kemungkinan kecil terluka yang di alami oleh para pemula maka dari itu perlu adanya pengawasan dan pelatihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut agar resiko dan keselamatan latihan tidak berakibat fatal.

Seni beladiri Yong Moodo memerlukan instruksi - instruksi dan praktek langsung dari seorang guru atau instruktur agar hal- hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Instruktur harus menyiapkan saran dan prasarana yang berhubungan dengan kesiapan dalam pelatihan beladiri Yong Moodo seperti; lapangan, alat bantu body tack, matras, sam sak, gansil ( pelindung gigi ), pelindung kepala, pelindung tangan dan kaki semua itu harus memenuhi target standar keselamatan dan juga selama dalam melaksanakan latihan. Latihan tersebut harus dapat dikedalikan, diawasi dan dievaluasi.

Berlatih seni beladiri Yong Moodo dimulai dengan pemanasan supaya badan siap menerima materi - materi latihan. Pemanasan dilakukan terutama pada bagian - bagian persendian, jari - jari tangan maupun kaki. Bagian - bagian  terpenting yang harus dilatih tiap hari adalah Psikologi kita karena Psikologi adalah keadaan pikiran kita. Proses penyegaran dalam latihan juga perlu dilaksanakan meditasi dan pernafasan.

Setiap pelatih atau instruktur harus memiliki kemampuan untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi di dalam pelaksanaan latihan, karena dalam mempelajari ilmu seni beladiri Yong Moodo rawan terjadi kecelakaan saat dalam berlatih.

ok..lanjut di Pos selanjutnya Ya ;-)...

No comments:

Post a Comment

dari hati ke- hati untuk hidup ini lebih baik

Adbox